Baju Khas India Diminati Warga Medan

Alexander July 14, 2012 9
Baju Khas India Diminati Warga Medan

MEDAN – Baju yang sering digunakan oleh warga Medan etnis India, baik tamil, sikh, punjabi, dan lain-lain ternyata juga diminati banyak kalangan.

Model baju India yang sekilas hampir sama dengan busana muslim memang banyak diincar konsumen. Biasanya, warga Medan memborongnya saat hendak melakukan pesta pernikahan.

Penjual pakaian khas India di Jalan T Cik Di Tiro Medan, Lalithas’s Collection, menyediakan segala jenis pakaian khas India seperti Punjabi suits, kurtas, kain sari dan ragam aksesori seperti gelang tangan, gelang kaki, kalung, dan lain-lain.

Pramuniaga Lalitha’s bernama Radika, menyebutkan, meski baru berdiri sekitar dua bulan, tetapi minat masyarakat Medan cukup baik pada toko mereka.

Dijelaskannya, pembelian terbanyak justru bukan berasal dari kalangan etnis India, melainkan orang-orang Melayu, Aceh dan lainnya.

Dikatakannya, model baju khas India baik untuk pria ataupun wanita sekilas mirip pakaian terusan ataupun baju koko. Sehingga, banyak masyarakat selain orang India senang membeli pakaian seperti ini.

“Baju-baju India ini ada yang modelnya lengan pendek ataupun panjang. Biasanya kalau mereka beli yang pendek, kita juga memberikan kain tambahan untuk dijahit sama mereka,” katanya.

Radika mengaku semua pakaian-pakaian ini asli dikirim dari India. Sambil menunjukkannya kepada Medan Magazine, Radika memperlihatkan beberapa helai kain sari yang memiliki banyak payet.

“Ini sekilas seperti payet, tapi ini batu. Kalau model seperti ini kebetulan yang menjual masih di toko kita. Kalau untuk harga ini sih berkisar Rp 500 ribuan ke atas,” katanya.

Menurut Radika, pakaian ini diminati karena model pakaian India memiliki ciri khas tersendiri.

“Kalau dilihat itu pasti ketahuan ini modelnya India punya walaupun yang memakai bukan orang India,” ujarnya.

Selain menjual kain sari, pakaian jadi khas perempuan India, baju koko India dan juga kurtas (pakaian khas pria India yang berbentuk jubah), Lalitha’s juga menjual gelang dan kalung yang sangat mewah.

“Untuk gelang sendiri kita menjualnya satu set itu ada yang Rp 200 ribuan. Kalau kalung, yang komplit ada juga sekitar Rp 2 jutaan,” jelasnya.

Tidak jauh berbeda dengan toko lainnya di kawasan serupa, Toko Puspha. Sang pemilik yang memang bernama Puspha menyebutkan, pakaian India memang diminati banyak kalangan.

“Enggak cuma orang India saja yang mau beli pakaian-pakaian ini, orang Muslim, apalagi saat mau mengadakan pesta pernikahan dan orang chinese juga suka memakai pakaian seperti ini,” ujarnya.

Menurut Pushpa, pakaian-pakaian ini ia beli sendiri langsung dari asalnya. “Saya langsung beli sendiri. Misalnya ke Malaysia, saya akan keliling beberapa toko dan mengambilnya beberapa helai. Saya kurang percaya kalau dikirim gitu saja,” katanya.

Nina, seorang pembeli, mengaku senang pada pakaian India yang memiliki corak khas.

“Modelnya ini kan seperti pakaian Muslim. Jadi kalau pun tangannya ini berlengan panjang tapi bahannya transparan, bisa kenakan manset tangan,” akunya. (Rizki Ardhani)

9 Comments »

  1. icut September 24, 2012 at 10:01 am - Reply

    alanatnya dimana ya

  2. icut September 24, 2012 at 10:03 am - Reply

    saya minat sama pakaian india saya pengentau alamatnya dimana

  3. imad January 7, 2013 at 11:14 am - Reply

    bisa pesan via handphone gak?

  4. titin February 26, 2013 at 12:52 pm - Reply

    sis…..alamat dimana & no yg bisa dihubungi berapa yaa? pengen bgt nich

  5. mya April 8, 2013 at 9:58 am - Reply

    alamatny dmn………
    pengen kali lho……..
    penggemar…….
    bg dog

  6. amell May 25, 2013 at 9:03 pm - Reply

    saya mau beli baju indianya sis..pless kasih alamat lengkapnya douk

  7. ati June 10, 2013 at 2:40 pm - Reply

    Saya lagi mencari baju punjabi lengan panjang….adakah?

  8. Youni July 29, 2013 at 2:44 pm - Reply

    Alamat na d jln T.Cik Di Tiro , medan
    di Kampung Madras, area Sun Plaza
    toko y di sebutkan di atas harga na terbilang lebih mahal dari pada toko sekitarnya,
    last week q baru bli di toko Madras, brg nya bagus ,,harga terjangkau

    klo mau beli online bisa di
    https://www.facebook.com/kameez?fref=ts
    tapi agak mahal sech klo y online

  9. lili kartiana August 14, 2013 at 9:07 am - Reply

    sist, ini gak dijual online kah???

Leave A Response »

Switch to our mobile site